Panduan Orang Tua : Cara Mengubah Pola Tidur Anak

Pola tidur anak yang berantakan dikarena kebiasaan anak yang kurang baik dalam pola tidurnya. Selain itu, pengaruh obat, kondisi ruang tidur yang kurang nyaman, bahkan mengidap penyakit tertentu dapat menjadi faktor hal tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari pola tidur anak yang berantakan atau terbalik, yakni terganggunya kesehatan mental dan emosional, gangguan kesehatan fisik, gangguan pertumbuhan dan perkembangan, serta terganggunya kinerja akademis seperti daya ingat, fokus, atau kemampuan belajar anak. Hal ini menjadi tantangan baru bagi orang tua untuk mencegah hal tersebut. Simak tips-tips di bawah ini untuk mengatur pola tidur anak yang berantakan!

  1. Atur Jadwal Kegiatan Anak

Atur jadwal kegiatan anak dari bangun tidur hingga tidur kembali. Atur kegiatan bermain, makan, dan kegiatan lainnya agar memiliki jadwal khusus. Taati jadwal yang sudah ditentukan agar anak terbiasa dengan siklus kegiatannya.

  1. Ajak Anak Bermain

Di sela-sela waktu tidur, berikan anak makanan yang cukup dan ajaklah bermain sesuai dengan umur anak. Kegiatan yang menguras energi membuat anak lelah dan mudah mengantuk. 

  1. Berikan Kegiatam yang Menarik untuk Menghantar Tidur

Menjelang waktu tidur, hentikan kegiatan anak dan ajarkan anak untuk membersihkan diri untuk siap tidur. Berikan baju yang nyaman untuk anak, bersihkan kamar anak agar mendapatkan kondisi yang nyaman dan bersih, meredupkan lampu tidurnya, bacakan buku dongeng, serta letakkan wewangian di sekitar tempat tidur anak. Selain itu, hentikan kegiatan anak yang bersangkutan dengan gadget.

Sumber : alodokter.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com