Imunisasi HPV untuk Anak, Ketahui Berbagai Fakta Ini

Imunisasi HPV (Human Papilloma Virus) adalah salah satu metode efektif untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini, seperti kanker serviks. Penting untuk dicatat bahwa imunisasi ini tidak hanya disarankan untuk dewasa, tetapi dapat diberikan sejak usia anak-anak, bahkan semuda mungkin, agar kekebalan tubuh terhadap HPV dapat terbentuk secara optimal.

Vaksin HPV yang digunakan telah melalui uji klinis yang ketat untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Data dari Centers for Disease Control (CDC) menunjukkan bahwa vaksin ini aman dan efektif setelah melalui proses uji yang komprehensif sebelum disetujui untuk digunakan secara luas.

Imunisasi HPV direkomendasikan mulai dari usia 9 tahun, saat respons kekebalan tubuh anak sedang dalam tahap terbaik. Pemberian vaksin dilakukan dalam dua dosis, dengan dosis pertama diberikan pada usia 9-14 tahun, diikuti dengan dosis kedua setelah 6 bulan atau 1 tahun.

Selain mencegah kanker serviks, imunisasi HPV juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh HPV, termasuk pre-kanker anus, pre-kanker vulva, dan kutil kelamin. Oleh karena itu, imunisasi HPV tidak hanya penting untuk anak perempuan, tetapi juga direkomendasikan untuk anak laki-laki sebagai upaya untuk mengurangi risiko penularan HPV pada masa dewasa.

Jadi, untuk perlindungan yang optimal terhadap HPV, segera bawa anak ke pusat layanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi ini sedini mungkin.

Sumber: Halodoc

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com