Mendidik Anak Dengan Metode Hypnoparenting

Hypnoparenting telah menjadi perbincangan menarik dalam dunia parenting. Cara unik ini mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan baik dari segi keberhasilan maupun cara yang digunakan. Dalam ulasan berjudul Hipnosis dan Orang Tua : Model interupsi yang menjelaskan peran orang tua dalam penggunaan hipnosis pada anak menimbulkan banyak pertanyaan yang perlu diperhatikan.

Hypnoparenting adalah suatu teknik untuk menyampaikan sugesti (instruksi) positif kepada anak. Hal ini biasanya dilakukan saat anak merasa rileks dan tenang. Dalam teknik hipnosis, ibu menekankan pada pemberian sugesti yang positif dan membangun saja.

Secara umum, cara ini sering diterapkan pada anak kecil yang menderita enuresis nokturnal, sering mengigau, dan terluka oleh binatang atau benda tertentu.

Berikut langkah-langkah hipnoterapi;

1. Minta anak Anda untuk memejamkan mata, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan hingga hitungan ke 30. Ini akan membantunya rileks.

2. Ibu dapat menepuk punggung atau kepala bayi dengan lembut. Sentuhan lembut membuat anak mengasosiasikan arahan Ibu sebagai sesuatu yang positif, penuh kasih sayang, dan menenangkan.

3. Kemudian, dengan suara yang lembut, sampaikan sugesti positif kepada anak. Misalnya: “Anak saya pintar sekali, tidurnya nyenyak ya? Bangunlah dengan segar besok pagi” atau “Kamu telah belajar dengan giat, Nak. Kamu pasti bisa lulus ujian besok.” Sesuaikan instruksi yang ingin Anda sampaikan dengan kebutuhan anak Anda. Semakin sering Anda membiasakan diri dengan cara ini, semakin banyak ibu dan anak maka semakin mudah Anda menerapkannya. menyarankannya ke alam bawah sadar anak Anda.

4. Pilih saran yang tepat dan efektif. Hindari pernyataan negatif seperti “Jangan jahat” atau “Aku tidak bisa berdebat lagi dengan kakakku”. Sebaiknya gunakan instruksi positif seperti “Jadilah anak yang rendah hati” atau “Adikmu sangat menyayangimu, Adikku”. Jadi kamu juga harus menunjukkan rasa sayang pada kakakmu, oke?”

Meski cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan memarahi anak terus-menerus, namun masih banyak orang yang skeptis. Apakah Anda ingin mencoba Hypnoparenting? Atau menurut bunda-bunda teknik ini berlebihan?

Sumber : www.orami.co.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com