Mandi Hujan Ternyata Ada Manfaatnya Buat Si Kecil

Sumber ; www.freepik.com

Jangan khawatir ketika Anda membiarkan si kecil bermain hujan. Bermain air, apalagi mandi air hujan, merupakan hal yang sangat disukai anak-anak. Namun, sebagai orang tua, para ibu tentu akan khawatir jika anaknya bermain hujan. Para ibu mungkin takut tertular virus karena air kotor. Lantas, apakah sebaiknya Anda melarang anak Anda mandi saat hujan? Sepertinya hal itu tidak perlu, Moms!

Meski orang tua mengkhawatirkan keselamatan dan kesehatan anaknya, ternyata mandi membawa banyak hal positif bagi anaknya. Tahukah Anda, dengan persiapan dan waktu yang tepat, anak Anda tetap bisa bersenang-senang dan terhindar dari penyakit.

Oleh karena itu, sebelum keluar rumah pada saat hujan pastikan dalam keadaan sehat, hujan tidak terlalu deras, dan tidak disertai angin atau petir. Nah, berikut beberapa manfaat memandikan bayi yang pastinya akan membuat ibu tidak terlalu khawatir. Bu, mari kita lihat!

Manfaat Mandi Hujan Untuk Anak-anak

Anak-anak seringkali suka bermain air dan terutama ingin mandi di tengah hujan. Tak heran jika banyak orang tua yang melarang anaknya keluar bermain saat hujan. Mereka takut anak kecilnya sakit setelah hujan.

Berikut ini beberapa manfaat memandikan anak yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Menambah Pengetahuan 

Saat bermain hujan, buah hati Anda pasti akan merasakan pengalaman menjelajah alam. Berkat ini, pengetahuan mereka tentang lingkungan sekitar akan meningkat.

2. Mengembangkan Karakter

Di tengah hujan, anak dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya sehingga kemampuan berpikirnya cepat terlatih.

3. Mengeksplorasi Indera Baru

Karena dekat dengan alam, indera baru Si Kecil akan berksplorasi. Hal itu terjadi karena pada alam terdapat bau udara, suara hujan serta tekstur tanah.

4.Melatih Fisik Motorik Anak

Saat anak anda bermain dan mandi hujan, ia akan menggerakkan seluruh tubuhnya untuk melompat melihat sumber air hujan yang turun dari langit dan menggunakan tangannya untuk menangkap air hujan.

Gerak dan aktivitas anak akan merangsang kemampuan fisik motoriknya berkembang secara optimal. Agar pengalamannya semakin menarik, para ibu juga dapat membiarkan bayinya melompat ke dalam genangan air untuk menciptakan berbagai jenis percikan air. Dengan cara ini, Anda dapat melatih kecerdasan musikal dan pemikiran logis Anda.

5. Merangsang kreativititas dan imajinasi

Bukan hanya orang dewasa saja yang berimajinasi dan mendapatkan inspirasi saat hujan turun. Padahal, ketika anak mandi air hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan impiannya. Misalnya saja bermain perahu kertas di kubangan air hujan, menyiram tanaman dengan air hujan, dan lain-lain. Saat hujan turun, anak akan berusaha berpikir kreatif dan melakukannya dengan gembira.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Anak Mandi Hujan

1. Perhatikan Kondisi fisiknya

Sebelum membiarkannya bermain hujan, Moms harus memastikan terlebih dahulu kondisi fisiknya baik atau tidak sakit.

2. Batasi Waktu Bermain

Meski terlihat menyenangkan, sebaiknya para ibu membatasi membiarkan bayinya bermain hujan dan jangan membiarkannya bermain terlalu lama. Sebaiknya durasi hujan tidak lebih dari 30 menit dan tubuh anak Anda segera dikeringkan setelah hujan.

3. Segera Lepas Pakaian dan Mandi

Setelah membiarkan Si Kecil untuk bermain air hujan, Moms harus segera mencopot bajunya agar kelemabapannya tidak meresap ke paru-paru. Setelahnya, langsung mandikan dengan air hangat guna mengimbangi suhu dingin sebelumnya.

4. Gunakan Sabun Antiseptik

Jadi ini cara untuk membantu para ibu menghilangkan kekhawatiran air hujan terlihat kotor. Menggunakan sabun antiseptik atau merendam dan menggosok kaki dengan air garam hangat dapat mencegah infeksi akibat bakteri yang terdapat pada air hujan.

5. Asupan Makanan

Pemberian makanan sangat penting bagi tubuh anak setelah hujan deras. Makanan yang disantap tentunya harus dalam keadaan hangat ya bunda, hal ini penting sekali agar organ tubuh anak tetap hangat.

6. Istirahat Cukup

Meski terlihat bahagia, tubuhnya tetap lelah. Oleh karena itu, kesehatan fisik dan energi mereka perlu dipulihkan dengan istirahat yang cukup, khususnya tidur.

Sumber ; www.orami.co.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com