Alasan Si Kecil Suka Terbangun Tengah Malam

Sumber foto : www.freepik.com

Terbangun di tengah malam merupakan hal yang wajar dan lumrah terjadi pada balita. Namun jika tidak diperbaiki, kebiasaan ini akan terus berlanjut dan menjadi kebiasaan buruk. Ada banyak penyebab mengapa anak usia 2 tahun sering terbangun tengah malam. Misalnya saat anak sedang tumbuh gigi, mengalami mimpi buruk, dan sebagainya.

Cara mengatasi anak terbangun tengah malam

Dari laman What to Expect, ada beberapa tips yang bisa diikuti para ibu ketika anaknya yang berusia 2 tahun sering terbangun di tengah malam. Jika Anda penasaran, baca seksama rangkaiannya di sini:

1. Pastikan memiliki waktu tidur yang tepat cukup tidur

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur di siang hari dapat menimbulkan berbagai masalah di malam hari ya, Bu. Jika anak Anda tampak lelah, cobalah tidur lebih awal dan pastikan dia cukup tidur.

Jika anak Anda terbangun di malam hari karena terlalu banyak waktu tidur siangnya, cobalah mempersingkat waktu tidurnya. Pastikan juga dia tidak tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidurnya. 

2. Sediakan benda/mainan kesayangan

Balita sering kali memiliki benda-benda yang menenangkannya. Misalnya selimut atau boneka binatang.

Benda-benda favorit ini akan membantu anak Anda tenang saat tidur. Selain itu, ketika terbangun di tengah malam, Anda juga akan mudah untuk langsung tidur kembali.

3. Kembangkan Rutinitas yang Konsisten

Saat anak terbangun di tengah malam, jangan tunjukkan perubahan perilaku yang bisa membuat anak bingung ya, Bu. Ketika ibu melakukan hal yang berbeda pada satu malam dan malam berikutnya, anak menerima pesan yang bertentangan.

Memperkuat kebiasaan tidur yang baik membutuhkan waktu dan pemantauan berkelanjutan. Bayi tidak akan belajar untuk kembali tidur sendiri jika ia tidak memahami bagaimana reaksi Anda terhadap rengekannya.

4. Jaga kenyamanan anak Anda

Balita cenderung membuang selimutnya saat tidur malam, Bu. Agar anak Anda tidak terbangun di malam hari karena kedinginan, Anda bisa mendandaninya dengan pakaian yang cukup hangat agar ia lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

5. Awasi penggunaan gadget

Perkembangan zaman sekarang semakin memudahkan orang tua dalam memberikan gadget dan membuat anak tidak terlalu rewel. Disarankan untuk menggunakan gadget minimal satu jam sebelum tidur.

American Academy of Pediatrics (AAP) juga merekomendasikan agar anak di atas 2 tahun tidak mendapatkan screen time lebih dari 1 jam sehari. Sedangkan gadget tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 2 tahun.

Sumber : https://www.haibunda.com/ 

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com