Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Anak

Buah anggur dapat memberikan beberapa manfaat untuk anak. Rasanya yang manis, sedikit asam, dan menyegarkan membuat buah anggur dapat disukai oleh banyak orang, termasuk pada anak-anak. Tetapi, di balik rasanya yang nikmat, buah anggur juga kaya akan nutrisi yang dapat memberikan ragam manfaat untuk kesehatan anak.

Buah anggur, yang berwarna merah, hijau, ungu maupun hitam, dapat menjadi camilan yang sehat dan nikmat. Buah ini juga tidak perlu dikupas atau dipotong setelah dicuci, sehingga nyaman untuk anak-anak.

Banyak nutrisi yang terdapat pada buah anggur antara lain serat, vitamin C, vitamin K, mineral dan beberapa senyawa yang dapat berperan sebagai antioksidan. Kemudian, karena kandungan nutrisinya, anggur dapat direkomendasikan untuk anak-anak. Beberapa manfaat yang bisa didapat anak dari makan buah anggur adalah :

1. Melindungi dari infeksi

Anggur memiliki kaya akan vitamin C dan antioksidan polifenol, yang berperan penting dalam memperkuat sel imun dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan resveratrol yang dipercaya dapat memiliki kemampuan melawan virus dan bakteri yang mencemari makanan.

2. Menjaga kesehatan mata

Pada kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada buah anggur ini dapat bermanfaat untuk kesehatan mata anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua bahan ini dapat meningkatkan visibilitas, ketajaman visual, dan kemampuan mata untuk melihat cahaya terang.

3. Mendukung kesehatan sistem cerna

Kandungan serat dan air pada buah anggur juga dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan anak dan membuat BAB anak Anda menjadi lebih teratur. Selain itu, antioksidan dalam buah anggur diketahui mendukung perkembangan bakteri baik di usus, yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan usus anak Anda, tetapi juga seluruh tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Kemudian, dapat diketahui juga bahwa resveratrol pada buah anggur dapat menjaga kesehatan neuron pada otak anak dan melindunginya dari kerusakan otak yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Fitur ini juga diketahui berguna untuk meningkatkan daya ingat.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Buah anggur memiliki kaya akan vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, kandungan vitamin E paling tinggi terdapat pada bijinya. Jika Anda ingin memberikan buah anggur dan bijinya kepada anak Anda, Anda bisa menyajikannya dengan cara dihaluskan, misalnya di blender.

Karena anggur merupakan buah yang banyak mengandung air, maka mengkonsumsi buah ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan aktif yang terdapat pada buah anggur dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan cara meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Sumber : alodokter.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com