Terapkan Hal Ini Selama Liburan, Agar Anak Semangat Sekolah

Sebagai orang tua, Anda harus bisa melakukan cara agar anak kembali semangat sekolah setelah liburan dalam waktu yang lama. Seperti yang kita tahu, waktu liburan sekolah hampir tiba, sejenak anak istirahat dari kepadatan jadwal di sekolah membuat mereka sangat bersemangat menyambut hari libur yang akan tiba. Namun ketika liburan, tidak jarang anak menjadi malas belajar dan enggan untuk membuka kembali buku pelajaran.

Bahkan anak akan menjadi histeris ketika waktu liburan telah berakhir. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan rutinitas, dari yang biasanya padat teratur, saat liburan, anak lebih bebas bermain dan menghabiskan waktu dengan sesukanya.

Ketika masih usia muda tentu ia akan lebih menyukai kebebasan bermain bersama teman-temannya, namun sebagai orang tua Anda harus bisa mendidik anak agar ia tetap bersemangat untuk belajar dan berangkat ke sekolah. Berikut beberapa cara agar anak mau berangkat sekolah setelah libur panjang :

1.Biasakan Membaca Buku

Sebelum waktu liburan dimulai, biasakan anak Anda untuk membaca buku. Anda bisa memulainya dengan metode read aloud, yaitu sebuah metode di mana Anda akan membacakan buku cerita ke anak. Kegiatan ini akan menimbulkan minat baca buku pada anak sehingga Anda bisa melakukannya dari jauh-jauh hari agar ia terbiasa dan mencintai buku.

“Kalau kita sudah sering melakukan metode ini terhadap anak, lalu pada suatu kesempatan kita tidak melakukannya, justru anak yang akan mencari dan menagih ibunya untuk membacakan buku untuknya,” Kata Roosie Setiawan, sebagai ahli metode read aloud saat ditemui dibilangan Menteng, pada Rabu (12/12/2018).

2. Ingatkan Mengenai Sekolah

Ingatkan kepada anak mengenai sekolah. Saat liburan mungkin anak terlalu fokus untuk bersenang-senang, dari materi yang pernah dibagikan oleh Parenting Blogger, Annisa Stevani pada akun instagram pribadinya yaitu untuk menghindari anak yang cracky atau rewel saat sekolah setelah liburan panjang, sebagai orang tua Anda harus terus mengingatkan kepada anak mengenai cerita-cerita seru yang pernah terjadi di sekolah.

Berikanlah semangat dan motivasi untuk anak Anda. Dibanding mengingatkan proses belajar mengajarnya di sekolah, coba ingatkan juga mengenai kegiatan ektrakulikuler atau bermain bersama temannya. Proses ini harus dilakukan dengan rutin, sehingga tertanam dalam ingatannya agar anak semangat sekolah setelah libur.

3. Beli Peralatan Sekolah yang Baru

Agar anak semangat pergi ke sekolah, coba belikanlah ia peralatan sekolah yang baru seperti tas, sepatu dan tempat pensil. Jangan lupa, ajaklah ia untuk memilih barang atau model yang disukainya. Dengan memberikan peralatan sekolah yang baru dapat memacu keinginannya untuk pergi ke sekolah.

Selain itu, cara ini bisa sangat menyenangkan dan melatih anak untuk mengambil kendali dalam mempersiapkan tahun ajaran baru di sekolahnya.

4. Bicara Tentang Hal Menyenangkan di Sekolah

Anda bisa bicara tentang hal yang menyenangkan di sekolahnya. Ketika anak-anak liburan dan tidak masuk sekolah untuk sementara waktu, mereka melupakan hal-hal yang mereka sukai.

Cobalah ambil papan tulis, dan minta anak Anda menyebutkan hal-hal favoritnya di sekolah. Ketika Anda melakukan ini dengan dengan mereka, Anda bisa berbicara tentang lab komputer, lab sains, seni, musik, perpustakaan, dan olahraga. Semakin banyak hal bagus yang dia berikan, semakin banyak kegembiraan yang memenuhi jiwanya.

Selanjutnya, anak-anak cenderung terperangkap dalam momen itu, dan kadang-kadang momen itu terasa luar biasa bagi dirinya. Berbicara tentang hal terbaik di sekolah mengingatkan anak Anda saat mereka bersenang-senang di sekolahnya.

Sumber : pingpoint.co.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com