Inilah Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Setiap orang tua tentu ingin memiliki anak yang sehat dan bahagia. Tidak terkecuali kesehatan pada mata anak. Anda juga perlu untuk menjaga kesehatan mata anak sejak dalam kandungan. Hal ini penting dilakukan karena mata merupakan jendela dunia sehingga kesehatannya perlu untuk dijaga sebaik mungkin. Dengan memiliki mata yang sehat, perkembangan anak juga akan berjalan dengan baik.

Ada beragam dampak yang bisa dirasakan anak jika mengalami gangguan kesehatan mata. Dampaknya antara lain yaitu sulit untuk membaca, sulit berkonsentrasi, hingga terhambat dalam mempelajari berbagai hal.

Kemudian, untuk menghindari gangguan mata pada anak, Anda tentu harus memelihara kesehatan matanya dengan baik, seperti :

1. Mengonsumsi dan memberikan makanan bergizi

Saat sedang hamil, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mengandung vitamin A dan omega 3. Hal ini karena kedua nutrisi tersebut dibutuhkan dalam menunjang perkembangan mata janin dalam kandungan.

ketika anak terlahir ke dunia. Anda juga perlu untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin dan omega 3 ke dalam menu MPASI-nya. Adapun makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3 yang perlu Anda konsumsi dan diberikan kepada anak antara lain yaitu ubi jalar, ikan salmon, wortel, dan bayam.

2. Memeriksakan kesehatan mata anak

Anda juga disarankan untuk memeriksakan kesehatan mata anak sejak usianya saat menginjak 6 bulan, meskipun tidak terlihat ada gangguan mata sekalipun. Anda juga bisa lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 2 tahun sekali.

Kemudian, hal ini dilakukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata sang anak, tetapi juga mencegah dan menangani gangguan mata yang mungkin diderita oleh anak. Karena, semakin cepat terdeteksi, diharapkan gangguan mata yang diderita pada anak akan semakin cepat untuk teratasi.

3. Menstimulasi penglihatan anak

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menstimulasi penglihatan anak agar dapat berkembang dengan baik. Salah satunya adalah memberikannya mainan yang menarik dengan berbagai bentuk dan warna. Tetapi, pastikan bahwa mainan yang diberikan aman untuk anak.

4. Mengajak anak untuk mengunakan kacamata hitam saat di luar ruangan

Anda bisa ajak anak untuk menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah terik panasnya matahari. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak negatif paparan sinar matahari secara langsung pada mata, seperti kerusakan pada kornea dan retina mata.

Selain itu, Anda usahakan juga untuk tidak mengajak anak bermain atau beraktivitas di luar ruangan saat sinar matahari sedang sangat terik, yaitu pada pukul 11.00 hingga 15.00.

5. Membatasi penggunaan gadget

Dengan membatasi penggunaan gadget pada anak dan membatasi waktu anak bermain gadget dapat dilakukan hanya dalam 1 jam per hari, terutama pada anak yang di bawah usia 5 tahun.

Kemudian, aturan ini juga penting untuk Anda terapkan karena penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mata, seperti mata lelah, mata minus, dan mata kering.

Selain itu, dukung juga kesehatan mata dan fungsi penglihatannya dengan memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup. Umumnya penglihatan anak sudah bisa berfungsi sepenuhnya setelah usianya tujuh tahun.

Jika Anda curiga bahwa anak mengalami gangguan penglihatan atau jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan mata anak, sebaiknya konsultasikan ke dokter mata.

Sumber : alodokter.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com