Cara Mendampingi Anak yang Berkebutuhan Khusus

Istilah Anak Bekebutuhan Khusus adalah menunjuk kepada mereka yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan atau sosial. Merawat anak berkebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah bagi orang tua. Tetapi, dengan dukungan, perhatian, dan pendampingan yang tepat, anak berkebutuhan khusus akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan mandiri.

Kemudian, anak berkebutuhan khusus juga merupakan istilah untuk anak dengan keterbatasan yang berpengaruh secara signifikan dalam proses tumbuh kembangnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mereka sangat membutuhkan bantuan dan dukungan yang ekstra untuk mencapai potensinya.

Anak berkebutuhan khusus meliputi anak yang mengalami gangguan tingkah laku, gangguan spektrum autisme, keterlambatan perkembangan, dan kesulitan untuk belajar. Tetapi, perlu dipahami lagi bahwa kondisi anak berkebutuhan khusus bukanlah penyakit yang menular, melainkan dipicu oleh beragam faktor, misalnya keturunan atau cacat lahir.

Meskipun anak berkebutuhan khusus terlihat berbeda dari anak-anak yang lain pada umumnya, namun mereka juga memiliki hak yang sama dengan anak-anak yang lain. Misalnya, hak untuk mendapatkan pengasuhan yang layak serta mengembangkan minat dan potensi yang ia miliki. Bagi Anda yang memiliki atau menjadi pendamping anak berkebutuhan khusus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung dan mendampingi mereka, yaitu :

1. Berikan motivasi

Anda bisa memberikan motivasi kepada mereka. Sebagian besar anak berkebutuhan khusus akan merasa cemas dan frustasi saat ingin melakukan sesuatu karena menyadari akan keterbatasan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, orang tua dan pendamping juga harus selalu memotivasi dan membantu mereka untuk mengatasi kekurangan dan mencapai potensinya.

2. Masukkan anak ke sekolah yang tepat

Anda bisa memasukan anak Anda ke sekolah yang tepat. Karena pendidikan adalah instrument yang penting bagi anak-anak, tidak terkecuali bagi anak yang berkebutuhan khusus. Oleh sebab itu, orang tua perlu aktif mendukung kemampuan anak dengan memasukkannya ke sekolah. Anda juga bisa memilih sekolah inklusi yang memang ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus atau homeschooling.

3. Ajarkan makna kehidupan

Ajarkanlah juga mereka apa itu makna kehidupan. Terkadang anak yang berkebutuhan khusus tidak semangat saat belajar karena takut salah dan tidak memahami apa pentingnya aktivitas tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan dan memberi tahu anak tentang makna kehidupan. Contohnya, seperti kegagalan bukanlah hal yang memalukan dan ilmu yang dipelajari akan bermanfaat untuk hidup kedepannya.

4. Aktif dan bergabung dalam komunitas

Anda juga bisa mengajak mereka untuk aktif dan bergabung dengan komunitas anak berkebutuhan khusus, karena hal ini bisa membawa dampak positif bagi orang tua maupun anak dan itu sangat memungkinkan Anda dan anak Anda untuk saling bersosialisasi dan bermain.

Kemudian, dampak positif ini juga dapat dirasakan juga oleh keluarga atau pendamping dengan saling berbagai cerita ke keluarga lainnya. Jika Anda memutuskan untuk merawat anak yang berkebutuhan khusus dengan bantuan pendamping atau perawat, carilah orang yang tepat dan profesional untuk menangani mereka. Kepada orang tua atau pendamping dari anak berkebutuhan khusus diharapkan bisa lebih memahami dan mengasuh anak dengan tepat.

Sumber : alodokter.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com