Terapkan Kebiasaan Sehat sebelum Tidur pada Anak

Kegiatan yang dilakukan anak sebelum tidur akan berdampak pada pola tidur mereka. Dengan pola tidur yang baik, tumbuh dan kembangnya juga tentu akan lebih optimal. Melakukan kebiasaan sehat sebelum tidur pada anak sangat penting untuk diterapkan. Hal ini berguna agar anak-anak memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Pada kegiatan yang dilakukan sebelum tidur akan berdampak pada pola tidur anak.

Kemudian, dengan melakukan pola tidur yang baik, tumbuh dan kembangnya juga tentu akan lebih optimal. Waktu tidur anak memang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa, yaitu sekitar 10–11 jam. Agar anak bisa mencukupi waktu tidurnya dan dapat tumbuh dengan sehat, Anda bisa mengajarkannya berbagai kebiasaan berikut ini :

1. Perhatikan waktu dan jenis makanan sebelum tidur

Perhatikanlah waktu dan jenis makanan anak sebelum tidur, makan besar terlalu dekat dengan waktu tidur bisa membuat anak sulit tidur dan bisa memicu gangguan pada pencernaan, seperti GERD. Untuk mencegahnya, biasakan anak makan malam selambat-lambatnya pada 3–4 jam sebelum waktu tidur.

Selain itu, Anda juga harus perhatikan juga jenis makanan yang diberikan. Sebaiknya anak tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang berkafein, seperti teh, soda, atau cokelat, secara berlebihan. Hal ini karena kafein dapat mengganggu pola tidurnya.

Kemudian sebagai gantinya, Anda bisa memberikan mereka buah, susu, atau minuman lain yang dapat membuat anak tidur lebih nyenyak.

2. Sikat gigi dan bersihkan diri

Ajarkanlah juga untuk menyikat gigi dan membersihkan diri sebelum anak tidur. Jika mulut dan gigi tidak rajin dibersihkan, bakteri bisa berkumpul di mulut dan sela-sela gigi, apalagi setelah sepanjang hari menyantap berbagai jenis makanan. Jadi, biasakanlah anak untuk menyikat gigi sebelum tidur agar giginya tidak berlubang.

Kemudian, selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, anak juga perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi secara rutin. Anda bisa memandikan anak dengan menggunakan air hangat, karena air hangat akan membuatnya lebih mudah mengantuk dan tertidur.

3. Ganti baju dan bersihkan tempat tidur

Selain itu, agar anak lebih nyaman dan siap untuk tidur, Anda bisa mengganti pakaiannya dengan piyama atau pakaian tidur. Kemudian, pastikan juga sebelum tidur kamar anak sudah bersih dan buat suhu ruangan dalam kisaran 18–24oC agar ia bisa tidur dengan nyaman. Hindari juga membawa makanan, mainan, atau gadget ke tempat tidur.

4. Bacakan cerita

Anda juga boleh membacakan cerita pada anak sebelum mereka tidur. Kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan kognitif dan kemampuan berbahasanya, serta mempererat hubungan Anda dengan mereka.

Kemudian, Anda juga harus perhatikan jenis cerita yang diberikan. Pilihlah cerita yang menyenangkan dan menginspirasi, serta sebisa mungkin hindari cerita yang menakut-nakuti atau yang penuh masalah. Selain itu, momen ini juga bisa Anda gunakan sebagai waktu untuk berbagi cerita dan perasaan dengan anak.

5. Redupkan lampu kamar dan matikan gadget

Anda bisa meredupkan lampu kamar tidur anak dan mematikan gadget. Bahaya biru dari alat elektronik, seperti televisi, komputer, dan smartphone, dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam pola dan waktu tidurnya. Jadi, jauhkan gadget dari jangkauan anak setidaknya 1 jam sebelum waktu tidurnya.

Selain itu, biasakan juga untuk mematikan lampu kamar anak, karena ruang tidur yang gelap juga akan meningkatkan produksi melatonin. Jika anak takut ruangan yang terlalu gelap, Anda boleh meredupkan cahaya di kamar anak. Lakukanlah kegiatan tersebut pada waktu yang sama setiap hari agar anak menjadi terbiasa.

Sumber : alodokter.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com