Tips Parenting Anak di Era Modern Bagi Orang Tua Masa Kini

Parenting atau cara mengasuh dan mendidik anak merupakan hal penting yang harus dipelajari pada setiap orang tua. Parenting yang tepat dapat membentuk karakter intelektual, sosial dan spiritual pada anak. Parenting anak di era modern menjadi tantangan bagi orang tua. Hal ini karena perubahan zaman mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam menerima didikan dari orang tua. Berikut beberapa cara mendidik anak dengan baik,

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Sebagai orang tua jadilah contoh yang baik bagi anak agar dapat memiliki karakter dan kebiasaan yang baik pula. Apalagi orang tua adalah sumber pengetahuan pertama pada setiap anak.

  • Sering Berkomunikasi

Sangat penting menjalin komunikasi yang intens dengan anak. Komunikasi dapat mempengaruhi daya pikir dan meningkatkan kepercayaan  pada tumbuh kembang sang anak. Dengan sering berkomunikasi, anak akan lebih mudah mengutarakan isi hatinya atau masalah yang sedang dihadapinya. Hal ini juga melatih anak bersikap jujur dan terbuka.

  • Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Anak

Sebagai orang tua sudah seharusnya mengetahui potensi yang dimiliki anak. Hal ini dapat membangun rasa percaya diri serta berguna untuk mengembangkan bakatnya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan anak, kamu juga lebih mudah menemukan solusi atas masalah yang sering ditimbulkan oleh si kecil.

  • Meluangkan Waktu

Meluangkan waktu juga perlu kamu lakukan sebagai orang tua. Apalagi jika anak yang meminta kamu untuk menemaninya bermain atau sekadar melihat aksinya. Dengan meluangkan waktu untuknya, kamu sudah membantunya mengenal dunia, meningkatkan kecerdasannya dan membuatnya mudah bersosialisasi.

  • Berikan Perhatian dan Dukungan

Memberikan perhatian dan dukungan juga menjadi tips parenting anak yang paling penting. Perhatian dan dukungan dapat menumbuhkan rasa aman dan percaya diri pada anak. Usahakan juga selalu mendengar perkataan anak meskipun sulit dimengerti. Hal ini akan membuat dia merasa dihargai dan kelak bisa menghargai orang lain.

Sumber : indozone.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com