Tips Sederhana Ajari Anak Bagaimana Menjaga Higienitas

Mengajarkan higienis sepatutnya dilakukan sejak anak masih kecil. Karena dengan mengajarkan sedari dini, anak akan tumbuh dengan menanamkan sifat sifat tersebut, sehingga ia akan hidup sehat dan terbebas dari penyakit. Akan tetapi, banyak cara mengajarkan hidup higienis terlalu berat dan sulit untuk diterapkan bagi anak anak.

Namun sebenarnya banyak cara sederhana dan seringkali tidak sadar malah bisa menumbuhkan sifat higienis pada anak. Berikut beberapa cara sederhana bagaimana menuhbuhkan sifat higienis pada anak.

  • Terapkan untuk selalu mencuci tangan

Mencuci tangan adalah cara paling sederhana menjaga higienitas. Tangan yang bersih adalah modal utama dalam menangkal berbagai penyakit. Karena tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak digunakan dalam kegiatan sehari hari, seperti memegang, mengambil, bersentuhan dan banyak kegiatan lainnya.

Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Tak hanya saat makan, biasakan mereka untuk cuci tangan baik sebelum ataupun sesudah melakukan berbagai hal.

  • Libatkan anak dalam kegiatan kebersihan

Mengajak anak untuk selalu melakukan berssih-bersih juga salah satu cara sederhana membuat anak peduli pada higienitas. Anak yang terbiasa untuk melakukan bersih bersih, terutama kamar mereka, akan memiliki rasa higien yang tinggi. 

Jikapun kamar mereka kotor, ajaklah mereka untuk membersihkannya bersama, jangan malah memarahi mereka saja. Dengan begitu dalam memori mereka akan terekam untuk harus selalu hidup dan beraktifitas dengan bersih dan higienis.

  • Tunjukan cara bagaimana hidup higienis

Anak anak adalah peniru yang ulung. Mereka akan selalu mengikuti apa yang orang terdekat mereka lakukan. Maka dari itu, peran orang tua dalam menumbuhkan sikap higienis pada anak sangat penting. Bukan sekadar memerintah maupun menyuruh sang anak saja, Namun ada hal lain yang secara vital mempengaruhi hidup higienis anak.

Berikan contoh bagaimana hidup bersih dan higienis pada anak, niscaya sang anak akan lambat laun mengikutinya. Hal ini lebih optimal dibanding hanya menuruh dan memerintah sang anak.

  • Biasakan anak selalu menjaga kebersihan

Dan cara yang terakhir adalah membiasakan sang anak untuk selalu menjaga kebersihan. Buang sampah pada tempatnya, tidak meludah sembarangan, dan lain sebagainya akan menumbuhkan jiwa higienis dalam dirinya. Tak hanya itu saja, terbiasa menjaga kebersihan akan membuat anak sehat.

Sumber : sahabatnestle.co.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com