Hal Hal yang Tanpa Disadari Merusak Diri Anak

Setiap orangtua yang baik pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun terkadang apa yang orang tua lakukan atau berikan belum tentu yang baik bagi sang anak. Malah terkadang cenderung merusak sang anak secara perlahan. Menjadikan sesuatu yang awalnya ditujukan untuk kebaikan sang anak malah akhirnya merusak dirinya.

Lalu apa saja hal hal sepele dan terkesan “melindungi” sang anak yang nyatanya malah merusak diri anak secara perlahan? Berikut ini adalah beberapa contohnya

  • Anak sering diberitahu hal tidak masuk akal.

Mengatakan hal yang tidak masuk akal seperti “nasi akan menangis jika tidak dimakan” akan mengganggu perkembangan psikologis anak. Kedepannya anak akan jarang menggunakan logikanya ketika dihadapkan masalah. Hal ini tentunya bisa merusak anak.

  • Memaklumi setiap apa yang dilakukan anak

Memaklumi setiap apa yang dilakukan anak dengan alasan “masih kecil”, Seperti merusak barang atau memukul temannya kemudian malah membelanya adalah hal yang jelas jelas salah. Hal ini akan membuat sang anak tidak memiliki rasa tanggung jawab dan suka lari dari masalah.

  • Melabeli anak

Memberi julukan seperti “anak nakal” ataupun “anak pintar” akan membuatnya beban mental dan psikologis. Jika ia disebut nakal, maka bukan tidak mungkin dia akan melabeli dirinya memang nakal dan membuat hal yang lebih buruk lagi kedepannya.

Sedangkan jika ia diberikan label pintar, ia bisa jadi akan stres dan tertekan jika melakukan kesalahan atau kegagalan dalam hidupnya. Padahal salah dan gagal adalah proses penting dalam tumbuh kembangnya.

  • Selalu melarang

Melarang hampir segala yang ingin atau lakukan bisa jadi berakibat buruk. Maksud orangtua sebenarnya baik, ingin menghindarkan anak dari hal buruk. Namun, hal ini menyebabkan sang anak kurang mengeksplor sekitarnya, sedikit mengetahui, dan kurang informasi. Kedepannya ini akan berakibat buruk pada banyak aspek dalam hidupnya.

Sumber : quora.id

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com