Anak Kidal, Genetik Unik Si Pengguna Serba Kiri

Kidal adalah sebuah kelainan unik yang menyebakan seseorang lebih dominan menggunakan anggota tubuh, khususnya tangan, sebelah kiri dibanding kanan. Tentunya mayoritas orang di dunia lebih banyak yang menggunakan tubuh sebelah kanan dibanding kiri. Hal ini menyebabkan orang kidal tergolong langka dan spesial

Namun orang tua seringkali menganggap bahwa hal ini adalah buruk. Sebabnya adalah keyakinan yang mengakar kuat bahwa kiri adalah buruk dan kanan itu baik. Hal ini merupakan salah kaprah besar karena kidal bisa jadi merupakan anugerah yang besar, karena banyak orang yang jadi “besar” karena kidalnya.

Berikut ini fakta fakta menarik yang dimiliki oleh anak kidal, si pengguna tubuh serba kiri.

  • Langka

Kidal adalah sesuatu yang jarang ada. Sehingga membuat anak yang kidal sangat jarang ditemui dan terkesan spesial. Hanya ada sekitar 12% saja orang kidalyang ada di seluruh dunia. Seringkali orang kidal juga sulit ditemui karena mereka mulai berlatih memakai tangan kanannya dan menyembunyikan “kelainan” mereka.

  • Dijauhi karena Legenda

Orang kidal dikenal buruk karena adanya legenda yang berkembang di masyarakat. Legenda menyebutkan Lucifer, Iblis paling menakutkan, adalah pengguna tangan kiri dan membenci menggunakan tangan kanan. 

Selain Lucifer, di Eropa abad pertengahan ada sebuah legenda tentang para penyihir. Para Penyihir itu selalu menggunakan tangan kirinya. Hal inilah yang membuat banyak orang menganggap bahwa kidal itu adalah sesuatu yang buruk.

  • Multitasking

Orang kidal juga terkenal mampu menyelesaikan banyak masalah secara bersamaan. Hal ini bisa terjadi karena ternyata otak orang kidal bekerja jauh lebih efektif dan tersinkronisasi lebih baik dibanding orang biasa. Hal inilah yang menyebabkan mereka bisa mengerjakan banyak hal bersamaan dan efisien

  • Genetik Menurun

Penelitian membuktikan bahwa kidal adalah genetik yang menurun. Sehingga jika seseorang kidal, maka anaknya berkemungkinan akan kidal juga. Namun kemungkinannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 26% saja.

  • Lebih Cerdas

Sudah banyak cerita bahwa orang kidal itu jauh lebih pintar dari orang kebanyakan. Karena orang kidal memiliki otak yang berkinerja jauh lebih efektif dan tersinkronisasi lebih baik dibanding otak orang biasa. Orang orang terkenal seperti Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, Obama, dan Jimi Hendrix adalah orang kidal. 

  • Lebih Sering Sakit

Meski memiliki banyak kelebihan, orang orang kidal khususnya yang masih anak anak memiliki satu kelemahan, yaitu mudah sakit. Masalah kesehatan yang sering muncul pada orang kidal migrain adalah alergi, migrain, disleksia, ADHD dan kemungkinan besar candu terhadap alkohol.

Sumber : gramedia.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com