Tips Mudah Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak.

Kesehatan gigi anak sangatlah penting. Hal itu di karnakan sang anak yang sering kali makan makanan manis sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak.  Maka dari itu, berikut kami sajikan informasi tips mudah mengatasi gigi berlubang pada anak.

1. Berkumur dengan air garam

Saat anak mengalami sakit gigi, Mama dapat membuatkan anak larutan air garam untuk berkumur. Air garam dapat meredakan rasa nyeri yang muncul karena sakit gigi. Luka pada gusi pun dapat tersebuhkan dengan berkumur menggunakan air garam karena garam terbilang mengandung antiseptik alami.

Mama harus mengajarkan anak cara berkumur yang benar agar air tersebut tidak tertelan atau membuatnya tersedak.

2. Kompress dingin

Untuk mengatasi keluhan sakit gigi pada anak, Mama dapat mengompres area yang sakit dengan kompres dingin selama 15 atau 20 menit.

Mama dapat melakukannya hal ini setiap beberapa jam atau saat si Kecil mengeluhkan giginya terasa nyeri. Jika si Kecil merasa tidak nyaman dengan pengobatan cara ini dan menangis, hentikan ya Ma!

3. Gunakan pasta gigi berfluoride

Jika gigi anak muncul bercak kuning kecoklatan, cara yang bisa Mama lakukan untuk mencegah keparahan atau gigi berlubang yang parah adalah dengan mengajarkannya untuk menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride.

Kandungan fluoride pada pasta gigi bermanfaat untuk memperbarui mineral pada area gigi yang mulai rusak akibat zat asam.

Adapun penggunaan pasta gigi berfluoride baru direkomendasikan pada saat anak berusia 3 tahun Ma. Mama dapat mengoleskan pasta gigi ini ke sikat gigi anak dengan takaran sebesar biji jagung saat anak akan menyikat giginya.

4. Ajak ke dokter gigi

Mengajak anak ke dokter gigi merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi gigi berlubang pada anak Ma. Dengan mengajak anak ke dokter gigi, dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah gigi berlubang yang anak diderita.

Dokter mungkin akan merekomendasikan penambalan untuk mencegah terjadinya infeksi gigi lebih dalam lagi.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk para orang tua dapat mengatasi saat gigi anak berlubang.

Source : popmama.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com