Para Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak

Kreatifitas, kegiatan yang berkaitan dengan visual sangat berkaitan erat dengan cara kerja dari otak kanan pada manusia. Cara kerja otak kanan, sering di pakai oleh anak-anak di karenakan di usia mereka sedang sangat aktif mengeksplore kreatifitasnya. Namun, sebagai orang tua kita harus paham betul bagaimana cara menyeimbangkan antara cara kerja otak kanan dan kiri pada anak. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara melatik otak kanan pada anak.

  1. Berikan si Kecil nutrisi untuk otak
    Selain memberikan stimulasi dari luar, Ibu juga harus memberikan si Kecil asupan nutrisi yang penting untuk perkembangan otaknya. Nah, ada beberapa nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan akal kreatif si Kecil, salah satunya adalah DHA. DHA berperan sebagai komponen struktural utama otak yang penting untuk mendukung kecerdasan, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf yang lebih optimal.
  1. Latih si Kecil dalam bidang seni
    Seperti yang telah disebutkan, fungsi otak kanan berkaitan dengan tingkat kreativitas si Kecil. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk melatih si Kecil dalam bidang seni agar kreativitas dan imajinasinya berkembang. Ada banyak bidang seni yang bisa Ibu ajarkan kepada si Kecil, di antaranya bermain alat musik, bernyanyi, menggambar, melukis, dan lain sebagainya. 
  1. Ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik
    Ibu juga bisa mengoptimalkan fungsi otak kanan si Kecil dengan mengajaknya melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara bersama-sama, di antaranya berenang, bermain basket, sepak bola, sepeda, dan lain-lain.
    Pastikan Ibu memilih aktivitas fisik yang aman bagi anak-anak yang berusia 1-3 tahun, ya. Selain itu, lakukanlah aktivitas fisik tersebut dengan cara yang menyenangkan agar si Kecil tertarik dan bersemangat untuk melakukannya lagi.
  1. Rutin mengajak si Kecil membaca buku
    Satu lagi cara mengoptimalkan fungsi otak kanan si Kecil yang bisa dilakukan, yaitu rutin membaca buku cerita atau dongeng. Ibu pasti tahu kan kalau membaca memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil? Nah, cara ini bisa Ibu lakukan sedini mungkin loh , bahkan sejak si Kecil masih di dalam kandungan.
    Meskipun si Kecil terlihat belum paham terhadap apa yang Ibu bacakan, tetapi kegiatan membaca bisa melatih indra pendengaran si Kecil lho. Ada banyak buku cerita atau dongeng yang bisa Ibu pilih. Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, Ibu bisa memilih buku cerita dengan gambar yang menarik dan berwarna-warni.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk para orang tua agar dapat meningkatkan kinerja otak kanan pada anak.

Source : ibudanbalita.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com