Para Bunda Wajib Tahu, Begini Cara Melatih Kreativitas Pada Anak.

Setiap orang terlahir sebagai individu yang kreatif. Pada dasarnya, kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan imajinasi, orisinalitas, produktivitas, dan penyelesaian masalah sebagai metode pendekatan situasi. Pendapat yang berbeda menganggap kreativitas sebagai kemampuan yang bisa diasah dan dikembangkan, bukan karunia sedari lahir. Pendapat serupa meyakini bahwa orang tualah yang perlu berperan aktif dalam mengasah kreativitas anak-anaknya. Tertarik mengasah kreativitas anak-anak Anda? Meski seni adalah cara paling lazim untuk melatih kreativitas seseorang, pada dasarnya ada banyak cara lain yang bisa Anda coba

  1. Jadilah Panutan

Jadilah sosok orang tua yang berpikiran terbuka dan mampu menemukan berbagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah. Tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda adalah sosok yang fleksibel dan mau mencoba banyak hal baru. Ketika menghadapi kesulitan, tunjukkan bahwa Anda mampu menggunakan berbagai pendekatan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

  1. Berikan waktu kepada anak Anda untuk bermain sebebas-bebasnya

Jangan mengganggu, mengarahkan, atau memberikan saran selama dia sedang bermain. Pilih permainan yang tidak memiliki satu hasil akhir yang valid; biarkan anak Anda menggunakan kreativitasnya ketika bermain.

Dorong anak Anda untuk melakukan kegiatan yang memicu kreativitas seperti melukis, menggambar, dan menyusun balok (seperti Lego). Hindari atau kurangi permainan yang berpola sebab-akibat (melakukan sesuatu agar mendapatkan reaksi tertentu), seperti jack-in-the-box atau permainan pop-up lainnya.

  1. Sediakan fasilitas yang di perlukan

Misalnya, sediakan satu ruangan khusus di rumah yang bisa digunakan anak Anda untuk bermain. Pastikan ruangan tersebut cukup luas, terutama jika anak Anda perlu “memberantakkan” ruangan tersebut dengan aktivitas-aktivitasnya. Sediakan satu ruang bermain yang memungkinkannya untuk menggambar, bermain air, dan menciptakan kekacauan lain tanpa perlu memberantakkan seisi rumah. Anda juga bisa menyediakan satu bilik khusus yang memungkinkan anak Anda berganti baju sesukanya tanpa harus memberantakkan seisi lemari utama. Ketika hari Natal atau hari ulang tahunnya tiba, mintalah orang lain memberikan hadiah-hadiah yang memicu kreativitasnya seperti alat gambar, alat musik, kostum-kostum yang menarik, atau Lego.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah untuk para bunda dapat melatih dan mengajarkan kreativitas pada anak. 

Source : wikihow.com

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com