Melatih Anak untuk Bersosialisasi

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Kemampuan bersosialisasi atau berteman telah menjadi salah satu keterampilan yang penting bagi manusia untuk bertahan hidup. 

Namun, bukan berarti kemampuan untuk bersosialisasi muncul begitu saja selama masa tumbuh kembang. Orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam menumbuhkan rasa sosial dalam diri anak.

Ada beberapa hal yang bisa membantu anak lebih mudah memasuki dunia sosial, yaitu :

A. Jangan Selalu Menjaga Anak di Rumah

Jika anak tampak pemalu saat bertemu orang lain, maka jangan terkesan seakan menjaga selalu anak di rumah. Biarkan ia memilih tempat yang menurutnya nyaman untuk bermain. Juga jangan selalu mengatur dimana dan dengan siapa anak anak bermain, agar ia bisa belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya

B. Praktekkan Strategi untuk Menghindari Perselisihan

Bermain peran juga bisa sangat membantu di sini. Bergiliranlah bersama anak sebagai tuan rumah dan tamu. Cobalah untuk mengantisipasi argumen macam apa yang mungkin muncul dan mainkan dengan anak.

C. Contohkan Perilaku yang Baik

Tunjukkan bagaimana kamu ingin melihat anak bertindak ketika berbicara dengan anggota keluarga dan temannya sendiri. Pastikan kamu sebagai orangtua juga mencontohkan cara memerhatikan orang lain, bermurah hati, dan mencoba menyelesaikan konflik dengan tenang.

source : halodoc

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com