Mari Tingkatkan Semangat Anak Belajar, Ini Dia !

1. Tumbuhkan Semangat Belajarnya Lewat Bermain

Siapa anak yang tak suka bermain? Ternyata bermain bisa jadi satu cara untuk mengasah kepintaran anak lho, Bu karena Si Kecil bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. 

Ada begitu banyak jenis permainan yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil, misalnya bermain balok susun, memasang puzzle sederhana sesuai usianya, atau mainan bongkar pasang lainnya. Permainan-permainan ini bisa merangsang si Kecil berpikir kreatif saat belajar.  

2. Manfaatkan Hal-Hal di Sekitar sebagai Media Pembelajaran

Materi pembelajaran bisa didapat dari mana saja. Ada begitu banyak sumber ilmu yang bisa diakses Ibu dan si Kecil untuk memperkaya pengetahuan, misalnya lewat alam sekitar ataupun kejadian sehari-hari.

Saat hujan, misalnya, coba Ibu ajak si Kecil untuk mengenal tanda-tanda akan turun hujan, penyebab turunnya hujan, hingga penyebab petir yang muncul saat hujan. Atau, Ibu juga bisa memanfaatkan daun-daun kering di tanah sebagai sarana belajar. Amati bentuk dan warnanya, akan tampak bahwa warna daun-daun kering itu tak ada yang sama persis satu sama lain. Kemudian ajak si Kecil mencari tahu lebih lanjut lewat video di YouTube, apa yang menyebabkan daun-daunan itu kering, gugur, dan berubah warna. Akhirnya gadget si Kecil bisa dimanfaatkan selain untuk main game kan, Bu.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Salah satu cara agar anak mau belajar adalah dengan mengajak si Kecil aktif bergerak, yuk, Bu. Jangan biarkan ia hanya bermalas-malasan seharian di rumah. Untuk itu, Ibu bisa mendorong si Kecil untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang disukainya. 

Jika si Kecil suka menari, Ibu bisa mengajaknya mengikuti kelas tari. Namun jika di masa pandemi ini Ibu khawatir untuk beraktivitas di luar rumah, coba ajak si Kecil beraktivitas di rumah saja. Misalnya melakukan senam atau yoga dengan menonton video panduannya di YouTube. Pasti seru!

4. Asah Ketrampilan Bersosialisasi

 

Selain kecerdasan otak, si Kecil juga harus pintar dalam bersosialisasi. Karena pada anak usia dini, keterampilan bersosialisasi akan membantu kesiapannya untuk bersekolah, meningkatkan adaptasi di lingkungan keluarga, serta mendukung kinerja akademik. Sebagai cara agar anak mau belajar, Ibu bisa berkomunikasi dengan anak atau mengajak anak bercanda.

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com