Apa Saja Sih Kira Kira Yang Harus Disiapkan Untuk Sekolah? Check Disini!

Sekolah adalah salah satu hal yang penting dan harus di jalani setiap anak. Dengan memiliki pendidikan yang baik dan tinggi pastinya harus di capai setiap anak untuk membuat taraf hidup lebih baik dan berkualitas. Maka tidak heran jika saat ini sudah banyak sekolah- sekolah yang menawarkan pendidikan terbaik.Berikut Hal – Hal Yang Wajib Diperhatikan Dalam Mempersiapkan Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Hari pertama anak masuk sekolah adalah momen berharga yang sebagian dari anak-anak akan menjalanai momen ini dengan lancar, tanpa halangan dan berjalan baik-baik saja. Akan tetapi, tidak semua anak merasakan hal serupa dengan anak-anak lainnya. Momen hari pertama masuk ke sekolah bisa menjadi momen yang mendebarkan untuk si buah hati. Tak jarang, hal ini pun akan membuat si orangtua, khusunya ibu akan sedikit cemas dengan kondisi si anak.

Hal ini mungkin wajar dirasakan oleh oragtua, pasalnya selama ini si anak pergi kemana-mana selalu ditemani oleh sang ibu dan sekarang si anak harus terpisah untuk sementara waktu karena harus belajar bersama dengan gurunya. Akan tetapi, kecemasan pada orangtua ini tidak bisa dibiarkan demikian saja. Diperlukan usaha untuk segera mencari solusi untuk mengatasi kecemasan sebelum anak masuk sekolah di hari pertamanya. Selain itu, perasaan cemas pada anak pun perlu ibu redakan agar anak merasa lebih siap untuk pergi ke sekolah.

Dengan demikianlah, orangtua perlu mempersiapkan anak-anaknya sebelum menghadapi hari pertamanya masuk sekolah.

Persiapan ini tidak cukup dalam waktu sehari, atau sebulan, namun bisa satu tahun sebelum anak siap belajar di sekolah. Persiapan apa saja itu?

1. Latih Kemandirian Si Buah Hati

Melatih kemandirian anak sebelum mereka berangkat dan menghadapi hari pertamanya masuk sekolah adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan, saat anak masuk sekolah mereka akan jauh dari orangtuanya, termasuk ibunya yang setiap hari selalu bersama dengan si anak.

Tentu anak harus belajar bagaimana melakukan sesuatu tanpa bantuan dari orangtua, seperti saat hendak kencing, mengenakan sepatu, memasukan buku kedalam tas dan masih banyak lagi. Dengan demikian, pelajaran ini pun harus bisa dicontohkan pada si kecil saat mereka ada dirumah.

Ajarkan si anak untuk belajar bagaimana menggunakan toilet sendiri, mintalah mereka untuk memasukan peralatan sekolahnya dalam tas atau minta anak makan sendiri. Dengan mengajarkan anak beberapa hal ini, perlahan namun pasti ini akan tertanam menjadi kebiasaan sehingga ketika di sekolah si anak tidak akan terus-menerus bergantung pada guru dan teman-temannya.

2. Ajarkan Si Buah Hati Rasa Tanggung Jawab

Untuk mengajari anak rasa tanggung jawab sederhana saja, misalkan ketika anak bermain dengan peralatan mainannya, maka mintalah ia untuk kembali merapihkan mainannya setelah ia selesai bermain. Atau minta anak untuk kembali menutup kamar mandi setelah ia gunakan.

Dengan mengajarkan beberapa hal ini, anak akan dengan otomatis memiliki rasa tanggung jawab atas segala hal yang ia lakukan. Yang mana, hal ini penting mereka terapkan di sekolah. Ketika anak-anak bermain dengan teman-temannya, anak akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Dan meskipun ia melakukan hal tersebut, maka si anak akan dapat bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan.

3. Kenalkan Anak Makna Sekolah

Saat anda meminta anak melakukan sesuatu, anak perlu tahu alasan mengapa mereka harus melakukan hal tersebut. Dengan begini, si anak akan dapat menangkap makna dan maksud dari apa yang anda perintahkan, termasuk saat anda meminta mereka untuk bersekolah.

Beritahukan pada anak akan pentingnya sekolah, fungsi dari anak bersekolah dan apa tujuan dari sekolah itu. Hal ini tentunya, bisa dilakukan ketika anda bersama dengan anak memiliki waktu berdua.

Sampaikan hal ini dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Selain itu, buat anak mendengarkan dan tertarik dengan obrolan ini, agar makna dan tujuan anda bisa didapatkan oleh si anak dengan lebih baik.

4. Mengunjungi Sekolah Sebelumnya

Sebelum si anak benar-benar menghadapi hari pertamanya bersekolah. Akan lebih baik jika ibu membawa serta si buah mengunjungi sekolah. Perlihatkan pada anak ruangan-ruangan sekolah dan tempat bermainnya. Hal ini akan memudahkan si anak untuk bisa terbiasa dengan lingkungannya yang baru.

Dalam hal ini, anda bisa membawa serta buah hati anda mengunjungi sekolahnya saat anda harus melakukan registrasi atau pendaftaran ke sekolah sembari memperkenalkan si buah hati dengan lingkungan belajarnya nanti.

5. Perkenalkan Anak Pada Calon Gurunya

Terkadang, sosok seorang guru bisa jadi sosok yang menyeramkan untuk si anak. Hal ini biasanya mereka pelajari dari lingkungan teman-teman yang usianya lebih tua dari si anak, dimana teman-temannya tersebut sudah bersekolah dan seringkali menceritakan tentang sekolah dan bagaimana sikap guru yang galak. Selain itu, umumnya adaptasi anak-anak dari tayangan televisi seolah membuat predikat seorang guru menjadi begitu buruk dibenak si anak.

Nah, untuk menepis segala ketakutan dan kecemaan ini dalam diri anak, maka tidak ada salahnya kenalkan si anak terlebih dahulu pada calon gurunya. Ketika si anak melihat calon gurunya adalah sosok yang ramah, maka segala ketakutan tersebut bisa mereka hilangkan.

Selain persiapan yang sudah dijelaskan diatas, Ada juga nih hal-hal yang harus dipersiapkan saat memasuki hari pertama anak sekolah. Tujuannya agar anak lebih siap ke sekolah dan mengenal dunia barunya di sekolah. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya

  • Bangunlah lebih awal, agar anak tidak perlu terburu-buru ke sekolah
  • Buatkan sarapan untuk anak dan duduk bersama dan bicarakan mengenai kesiapan dan kesenangan prasekolah nantinya
  • Siapkan tas sekolah anak bersama-sama, dengan mempersiapkan bekal bersama-sama dan sediakan makanan favorit anak, agar anak menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari pertama di pra sekolah
  • Temani sejenak saat anak mulai berbaris masuk, berikan semangat dan pelukan hangat
  • Orangtua yang tenang dan tidak kuatir akan keadaan anaknya akan membuat anak menjadi lebih percaya bahwa dirinya berada di tempat yang aman
  • Jangan segera kembali ke dalam kelas, jika mendengar anak memanggil-manggil . Biarkan guru pra sekolah menangani anak Anda dan memberikan waktu bagi guru dan murid untuk saling mengenal.

Nah itu dia hal- hal yang wajib dilakukan untuk mempersiapkan hari pertama anak sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat 😉

Copyright © DFRCollection

Photo source by DFR Collection

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com