5 Tips Memilih Pakaian Untuk Anak

Memilih Pakaian Untuk Anak

Ada banyak hal yang selalu menjadi perhatian para ibu baru, salah satunya adalah pakaian bayi. Bersentuhan langsung dengan kulit bayi, tentunya memilih baju bayi tidak bisa sembarangan ya Moms.
Lalu bagaimana tips memilih pakaian bayi dan mengetahui baju seperti apa yang aman dan nyaman untuk Si Kecil?

Berikut ini beberapa tips memilih pakaian bayi yang patut diperhatikan.

1. Pilih Baju Bayi dengan Bahan yang Lembut
Beberapa ahli merekomendasikan kain katun sebagai bahan yang aman dan nyaman untuk pakaian bayi, terutama 100 persen katun. Ini merupakan tips memilih pakaian bayi yang pertama. Meskipun biasanya harga pakaian berbahan 100 persen katun cenderung lebih mahal, pakaian jenis ini akan sangat bersahabat dengan kulit bayi yang masih sangat sensitif.

“Kulit bayi lebih halus, sensitif, dan 30 persen lebih tipis dari kulit orang dewasa. Hal ini membuat kulit bayi cenderung lebih mudah menyerap bahan kimia dan zat tambahan berbahaya yang mungkin digunakan selama proses produksi,” jelas Gervaise Gerstner, MD, seorang dokter kulit di New York, seperti dikutip dari Reader’s Digest.

Selain itu, dalam tips memilih pakaian bayi, pastikan memilih baju bayi tanpa label, di mana label informasi ukuran dan petunjuk mencuci yang biasanya ada di belakang baju terkadang menyebabkan iritasi kulit pada bayi. Jika Moms melihat kulit bayi memerah di area yang bersentuhan dengan label pakaian, cobalah untuk membuangnya.

2. Minim Aksesori
Selain itu, tips memilih pakaian bayi juga perlu menghindari memilih baju bayi yang dilengkapi dengan kancing kecil atau aksesori yang rawan terlepas karena bisa menimbulkan risiko tersedak pada bayi jika aksesori tersebut terlepas. Baju dengan pita pada bagian lengan atau leher bayi juga tidak aman karena bisa menyebabkan bayi tercekik.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi
Dalam membeli pakaian, hindari membeli terlalu banyak baju karena bayi akan tumbuh dengan cepat, dan pakaian yang sudah Moms beli bisa jadi tidak nyaman lagi untuk dipakai dalam waktu lama.

Sebagai tips memilih pakaian bayi, sangat disarankan untuk hanya membeli pakaian bayi seperlunya sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Misalnya, bayi baru lahir hanya memerlukan beberapa popok dan baju khusus untuk bayi baru lahir. Baru setelah Si Kecil tidak lagi memerlukan popok, Moms bisa mulai membeli celana bayi.

4. Pilih Ukuran Berdasarkan Berat Badan, Bukan Usia
Apakah semua bayi lahir dan tumbuh dengan berat badan yang sama? Tentu saja tidak.
Maka dari itu, mengutip WebMD, cara terbaik dalam memilih ukuran baju yang tepat untuk bayi adalah berdasarkan pada berat badannya, bukan usianya.

Bayi 2 bulan bisa saja memakai baju untuk bayi usia 4 bulan karena badannya yang cenderung gemuk dan tinggi, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa untuk tetap memastikan bahwa ukuran yang Moms pilih benar-benar pas untuk Si Kecil. Karena setiap merek pakaian sangat mungkin memiliki patokan ukuran yang berbeda dengan merek lainnya.

5. Pastikan Pakaian Mudah Dipakai dan Dilepas
Tips memilih pakaian bayi yang nyaman adalah memilih baju yang mudah untuk dipakai ataupun dilepas. Kancing bisa membuat Moms frustrasi ketika harus memakaikan atau melepaskannya pada Si Kecil yang sangat aktif.

Dalam hal ini, baju dengan ritsleting bisa Moms pertimbangkan. Selain itu, Moms juga bisa memilih baju bayi dengan lubang leher yang melar sehingga mudah untuk melewati kepala bayi ketika dipakaikan atau akan dilepas.

6. Pertimbangkan Juga Cuaca
Selama musim kemarau, hindari memakaikan terlalu banyak lapisan pakaian pada bayi untuk mencegah bayi kepanasan. Cukup pakaian satu lapis baju bayi berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan memudahkan sirkulasi udara sehingga bayi tidak akan merasa gerah.

Sumber : orami

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com