Membentuk Lingkungan Edukatif pada Anak di Tengah Pandemi

Hingga saat ini pandemi virus corona masih belum kunjung usai, sejak awal tahun 2020 kemarin virus corona telah menunjukkan penyebaran yang sangat pesat dengan peningkatan kasus secara signifikan di berbagai negara.

Sedangkan di Indonesia sendiri jumlah kasus meningkat secara drastis dan terus naik hingga saat ini. Bisa dibilang bahwa tahun 2020 ini hampir setahun penuh covid-19 mengisolasi banyak orang dari kegiatan-kegiatan perkumpulan dan hubungan sosial.

Dampak dari pendemi ini sangat besar, bukan hanya pada bidang kesehatan namun juga aspek lainnya. Akibatnya banyak orang terpaksa di PHK dengan alasan anjloknya ekonomi perusahaan dampak dari pandemi yang tak berkesudahan. Disisi lain pengangguran semakin bertambah dan sulit bertahan hidup di tengah wabah.

Bukan hanya itu saja, pandemi ini juga berdampak besar pada pendidikan di Indonesia. Pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus terutama bagi pelajar yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Meskipun terdapat pembelajaan online dari pihak sekolah namun tetap diperlukan pendalaman materi melalui kelas tambahan.

Hal ini untuk mengantisipasi materi pembelajaran yang belum di pahami karena umumnya pembelajaran online tidak se efektif pembelajaran secara tatap muka. Dengan menerapkan kelas tambahan maka kemampuan anak akan terbentuk dalam lingkup lingkungan yang edukatif.

Meski saat ini pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan satu-satunya yang bisa dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia namun perlu adanya inovasi dengan pembelajaran tambahan pada kelas online.

Hingga saat ini telah banyak kelas online yang membuka pendaftaran untuk materi belajar tambahan. Umumnya kelas online berasal dari lembaga kursus.

Pentingnya kelas tambahan dalam peranannya membentuk lingkungan edukatif pada anak di tengah pandemi memang sudah tidak diraguka lagi. Bahkan seharusnya orang tua turut berperan membentuk lingkungan edukatif di rumah seraya diimbangi dengan bermain agar anak tidak jenuh namun proses belajar terus berlanjut.

Adanya lingkungan edukatif pada anak dapat mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan anak. Maka sangat penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar anak. Bukan hanya membentuk pola pikir namun juga membentuk karakter yang baik pada anak.

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com