Tips Agar Rumah Bersih dan Rapi Setiap Saat

Menjaga rumah dan rapi setiap saat bisa menjadi tugas yang melelahkan, tetapi ini tidak harus menghabiskan waktu Anda. Membuat kebiasaan yang baik akan mengurangi banyak waktu yang dibutuhkan untuk merapikan rumah. Memulai kebiasaan jadi sulit, namun jika Anda sudah melakukannya sekali dua kali maka kemungkinan hal ini akan mengurangi banyak waktu bersih-bersih rumah.

Merapikan Tempat Tidur

Rumah bersih dan rapi dimulai dari kamar tidur. Kebanyakan orang malas merapikan tempat tidur, padahal ini hanya membutuhkan waktu yang singkat. Melakukan ini mengawali hari dengan baik dan tentu saja Anda akan senang saat naik ke tempat tidur yang rapi, bukan?

Membuat Prioritas

Bersih-bersih rumah tidak sama dengan membersihkan semua alat dan perabotan. Buatlah daftar bersih-bersih rumah dan prioritaskan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, apa yang bisa menunggu sampai beberapa hari kemudian atau bisa dikerjakan di akhir minggu. Beberapa orang tidak suka menulis daftar, tetapi hal ini membuat Anda fokus dalam menjaga rumah bersih dan rapi. Tuliskan 2 atau 3 hal utama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan rumah hari ini dan kerjakan.

Libatkan Seluruh Anggota Keluarga

Rumah bersih dan rapi bukan hanya tanggung jawab ibu atau ayah. Semua yang tinggal di rumah harus terlibat dalam menjaga kebersihannya. Ajarkan anak-anak untuk membersihkan rumah dengan cara sederhana, misalnya menaruh piring makan ke tempat cucian, menaruh sepatu dan sandal pada rak, membersihkan kamar sendiri dan lainnya sesuai usia masing-masing.

Melihat rumah bersih dan rapi tanpa menguras tenaga tentunya menyenangkan. Namun, Anda harus meluangkan waktu untuk mengawasi dan mengajarkan anak-anak pada awalnya. Mungkin mereka melakukan banyak kesalahan pada awalnya, tapi lambat laun akan semakin membaik dan lebih bertanggung jawab bersih-bersih rumah sendiri.

Lakukan 15 Menit Bersih-Bersih Tiap Malam

Lakukan bersih-bersih rumah bersama seluruh keluarga selama 15 menit pada malam hari sebelum tidur. Selain melatih kerja sama, semua anggota keluarga juga merasakan kebersamaan. Ajarkan anak-anak untuk merapikan mainan atau meja sembari Anda mencuci piring atau melipat baju yang sudah kering dan pasangan membuang sampah untuk menjaga rumah bersih dan rapi. Carilah hal yang membuat rumah kotor dan bersihkan bersama. Cukup 15 menit setiap hari untuk membersihkan rumah.

Taruh Alat Pembersih di Tempat Terjangkau

Tip sederhana berikut ini adalah menaruh stok alat pembersih seperti kain lap, semprotan kaca, tisu kamar mandi dan lainnya di tempat yang mudah dijangkau. Setelah sikat gigi di wastafel, ambil kain di dekatnya dan lap hingga kering. Lap kursi toilet dengan tisu atau gosok kotoran yang menempel dengan sikat toilet setelah memakainya. Ini cara-cara membersihkan rumah yang sederhana dan praktis. Hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk mengerjakannya.

Bersihkan Sambil Jalan

Membersihkan rumah bisa dilakukan kapan saja. Saat Anda keluar kamar, bawalah baju kotor ke tempat cucian. Saat mau cuci tangan, sekalian bawa piring kotor ke tempat cucian. Taruh sepatu dan jaket pada tempatnya setelah memarkir kendaraan dan sebelum masuk ke rumah. Cara bersih-bersih rumah seperti ini kalau menjadi kebiasaan akan sangat memudahkan dalam menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Declutter

Declutter sederhananya menghilangkan berantakan. Anda bisa membersihkan rumah lebih cepat dengan mengurangi daerah-daerah rumah yang berantakan,misalnya meja makan, meja kerja, ruang tamu, kamar. Rumah bersih dan rapi karena barang-barang disusun rapi  dan dimasukkan ke laci tempatnya. Permukaan yang sedikit ada barang jadi lebih cepat dibersihkan.

Jaga Daerah Yang Sering Dilalui

Perhatikan pintu masuk rumah dan daerah lain yang sering dilalui oleh banyak orang. Bersih-bersih rumah lebih mudah jika daerah ini dikontrol, misalnya haruskan setiap orang sebelum masuk rumah menaruh sandal atau sepatu di rak. Taruh keset untuk menahan debu dan membersihkan kaki. Kalau binatang peliharaan diijinkan masuk, bersihkan dulu kaki mereka sebelum masuk rumah. Jangan lupa untuk rajin menyapu daerah tersebut. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk menjaga rumah bersih dan rapi.

Kebiasaan membersihkan rumah seperti apa yang akan Anda mulai hari ini?

sumber: intiland

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com