Pentingnya Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga


Untuk saat ini, anak-anak sekolah masih melaksanakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tentu, waktu bersama anak pun sangat banyak. Bosan, itu pasti! Tetapi mau liburan ke tempat wisata yang sudah dibuka, masih was-was. 

Jadi, tetap di rumah dengan segala kreativitas bersama anak itu pilihan yang tepat. Apalagi setelah pagi hari mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Sebagai ibu rumah tangga, pekerjaan rumah itu selalu ada. Jadi, tidak ada salahnya jika orang tua meminta anak untuk membantu melakukan pekerjaan rumah tangga, Tidak perlu dituntut harus sempurna, ya! Tetap sesuaikan dengan usia anak. 

Bisa dimulai dengan pekerjaan rumah tangga yang paling ringan dan ajarkan secara perlahan pada anak. Saat dilibatkan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, anak pun akan mendapatkan manfaat positif.

Saat melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, orang tua juga bisa sekaligus memberikan edukasi pada anak tentang pekerjaan yang sedang dilakukan. Tentu, dengan bahasa ringan yang bisa dipahami dan dimengerti oleh anak. 

Perlu diingat oleh orang tua, bahwa melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga bukan berarti bertujuan untuk meringankan tugas orangtua, ya! Tetapi sebagai proses pembelajaran bagi anak. Sesuaikan juga dengan usia anak. 

Pun saat melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, sebaiknya dilakukan dengan penuh kasih sayang, tanpa bentakan maupun kritikan yang hanya akan membuat mental anak turun. 

Stay Health! Jangan lupa tersenyum bahagia, jika orang tua bahagia anak pun akan bahagia juga! Jangan menyerahkan dengan keadaan, tetap patuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. 

sumber: kompasiana

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com