Kapan kalian harus cuci tangan?

Mencuci tangan merupakan pilar utama untuk mencegah infeksi yang masuk melalui tangan, karena tangan merupakan sumber penularan kuman secara langsung ataupun tidak langsung. Tangan yang kotor dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan penyakit pada tubuh seperti diare dan influenza.

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer

Pada umumnya, masyarakat banyak mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun biasanya dengan waktu 40 hingga 60 detik. Tetapi, jika mencuci tangan dengan menggunakan cairan antiseptik seperti hand sanitizer, dilakukan dengan waktu 20 sampai 30 detik. Mencuci tangan dengan menggunakan hand wash atau air mengalir biasa dilakukan untuk kondisi tangan yang terlihat kotor, sedangkan jika tangan tidak terlihat kotor namun tidak yakin tangan tersebut bersih maka dapat mencuci tangan dengan handrub atau menggunakan cairan antiseptik.

Begitu pula dengan penggunaan hand sanitizer, jika pada anak maka perlu pemantauan dan bimbingan dari orangtua agar cairan tersebut tidak terpercik ke mata. Karena cairan hand sanitizer mengandung alkohol yang merupakan salah satu bahan B3. Tetapi penggunaan alkohol pada hand sanitizer tidak berbahaya, karena kadar alkohol yang terkandung dibawah 70% sehingga aman untuk digunakan.Banyak bahaya jika tidak melakukan cuci tangan, karena kuman-kuman di tangan dapat masuk kedalam tubuh dan menyebabkan penyakit seperti diare.

Seperti halnya jika mengunjungi pasien di rumah sakit tanpa mencuci tangan sebelumnya, maka otomatis akan menularkan kuman ke orang yang sakit tersebut. Begitu juga sebaliknya. Jika tidak cuci tangan setelah dari rumah sakit tersebut maka kuman akan terbawa kerumah dan menularkan penyakit.

sumber: awalbros

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com