Tips menjaga kesehatan Gigi dan Mulut saat puasa pada anak

Menjaga mulut tetap higienis adalah aktivitas penting setiap harinya, termasuk pada saat berpuasa. Namun, tidak makan dan minum di siang hari berpotensi menyebabkan bakteri mulut berkembang pesat., ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi agar tidak mengganggu ibadah puasa kita..

  1. Menyikat Gigi 2x Sehari, Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-fluoridesetelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari wajib dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan sehingga tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies/lubang gigi.
  2. Membersihkan Lidah
    Jangan lupa untuk menyikat juga permukaan lidah Anda selagi menyikat gigi agar kuman-kuman penyebab bau mulut dari sisa makanan yang tidak terlihat juga dapat dibersihkan.
  3. Berkumur Saat Berwudhu
    Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini gunanya untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Berkumur saat wudhu terutama bagi umat muslim yang menjalankan ibadah shalat lima waktu dalam sehari juga dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa, tentunya jangan sampai lupa apalagi sengaja hingga tertelan ya. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi Anda yang berpuasa untuk mengalami kekeringan di rongga mulut.
  4. Perbanyak Minum Air Mineral Saat Sahur dan Berbuka
    Air mineral adalah komponen utama dari tubuh kita. Tapi yang lebih penting lagi air mineral juga komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan juga mengandung mineral-mineral yang diperlukan gigi. Banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi, dan menghindari bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering.
  5. Perbanyak Makan Makanan yang Berserat Tinggi (Buah dan Sayuran) saat Sahur dan Berbuka
    Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW saja membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.
  6. Stop Kebiasaan Buruk
    Kebiasaan buruk seperti merokok selain hukumnya haram juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan jaringan periodontal. Selain itu merokok juga bisa membuat rongga mulut menjadi kering, yang mana bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Gak mau donk ya?
  7. Hindari Obat Kumur yang Mengandung Alkohol
    Obat kumur yang mengandung Alkohol dapat menyebab rongga mulut menjadi lebih kering, yang mana bisa meningkatkan resiko bau mulut. Ih, puasa kan mulut udah kering ya, masa mau di tambahin jadi lebih kering(?)
  8. Periksa Gigi Secara Rutin
    Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Nah menjelang Puasa Ramadhan seperti sekarang adalah salah satu waktu yang tepat untuk pergi mengunjungi dokter gigi langganan Anda.

 

Sumber:

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com