Tips Anak Agar Mau Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak
1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak
Beberapa riset yang dilakukan di Amerika menyatakan, bahwa anak yang rutin beristirahat di siang hari memiliki kualitas pertumbuhan yang lebih baik dan optimal dibandingkan dengan anak-anak yang kehilangan waktu tidur siangnya. Mengapa demikian? karena hormon pertumbuhan H-GH atau yang disebut Human-Growth Hormone lebih optimal mengalir dalam darah ketika anak sedang tidur siang.
Hormon H-GH adalah hormon yang di produksi oleh otak anak dimana hormon ini akan bekerja untuk membantu proses pertumbuhan pada anak dengan hormon-hormon lainnya seperti hormon gondok, tulang, otot, ginjal dan sebagainya. Oleh sebab itu sebaiknya biasakan anak untuk tidur siang setiap hari, agar mereka dapat tumbuh secara optimal.
2. Tidur Siang Bisa Membuat Anak Lebih Bahagia
Tidur siang dapat membuat anak kita lebih bahagia, dan ini sudah dibuktikan. Beberapa riset membuktikan, jika orang yang aktif tidur di siang hari memiliki risiko yang rendah untuk stres, dibandingkan mereka yang jarang tidur siang. Begitu juga dengan anak-anak, karena anak yang aktif untuk tidur di siang hari cenderung terlihat ceria dibandingkan anak-anak yang jarang tidur di siang hari. Anak yang tidak tidur siang akan terlihat sedih, lemas dan kurang bersemangat dibandingkan anak yang aktif tidur siang. Oleh sebab itu, biasakan si kecil untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup, dan ajarkan anak untuk selalu beristirahat di siang hari.
3. Anak Mampu Memproses Informasi Yang Ia Dapatkan
Sponsors Link

eberapa riset yang dilakukan di Arizona menyatakan, jika bayi atau balita yang tidur siang, mampu untuk memproses informasi dan mengaplikasikan kemampuannya tersebut. Pada dasarnya jika anak memiliki kualitas tidur yang baik terutama mereka yang selalu tidur siang, maka akan berkurang rasa lelah atau mengantuk pada anak. Sehingga hal ini akan sangat membantu anak dalam menerima informasi dan memprosesnya dengan baik. Dengan demikian anak juga akan mampu mengaplikasikan informasi yang ia terima setiap harinya, baik itu informasi dari buku, dari guru atau dari media lainnya. Jika anak mampu menerima informasi dengan baik, otomatis hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak di sekolah. Jadi jangan ragu lagi untuk mengajarkan anak tidur siang dan buatlah jadwal istirahat harian anak supaya mereka memiliki kualitas tidur yang baik..
4. Meningkatkan Kreativitas Anak
Anak-anak yang aktif tidur siang mampu menciptakan ide baru dan kreasi yang luar biasa. Beberapa ahli menyatakan tidur siang mampu meningkatkan persepsi sensorik yang sama seperti tidur malam. Anak yang aktif tidur siang cenderung lebih baik dalam menciptakan ide dan karya yang luar biasa, tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anak. Karena pola tidur yang baik akan menciptakan kualitas tidur yang baik pula.

5. Mencegah Penyakit Dalam Tubuh
Dengan anak tidur siang tentunya dapat mencegah datangnya penyakit dalam tubuh anak. Pada umumnya anak terserang sakit ketika daya tahan tubuh mereka melemah, dengan melemahnya daya tahan tubuh anak disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kurangnya waktu istirahat anak. Berikan anak istirahat dengan waktu yang cukup, sesuaikan kebutuhan tidur anak dengan usianya. Jika anak kurang istirahat maka metabolisme tubuhnya akan terganggu, dengan begitu tentu daya tahan tubuh anak akan melemah. Melemahnya daya tahan tubuh anak dapat mempermudah penyakit masuk ke dalam tubuhnya.

Sumber : https://dokteranak.org/manfaat-tidur-siang-untuk-tumbuh-kembang-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com