5.cara mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan

  1. Ajarkan Pelajaran Etika Dari Hal-Hal yang Kecil

Seperti pelajaran-pelajaran lainnya, mengajarkan etika yang baik pada anak tidak bisa diberikan dengan bertubi-tubi dan mengharapkan anak anda bisa memiliki etika yang baik dengan waktu yang cepat seperti yang anda harapkan. Ingatlah pelajaran etika adalah sesuatu hal yang bukan hanya bisa diingat oleh anak, namun diharapkan mampu dipraktikan dengan baik sehingga menjadi kebiasaan yang akan terus mereka terapkan dalam kehidupannya higga mereka dewasa nanti. Untuk itu, menanamkan pendidikan dan pelajaran etika pada anak haruslah diiringi dengan rasa sabar dan penuh kasih sayang.

2.    Biasakan Anak Untuk Selalu Meminta Maaf

Meminta maaf dan memberikan maaf pada oranglain tidak akan menjadi anak kita menjadi seorang yang bermental lemah, justru sebaliknya dengan mengucapkan kata maaf akan mengajarkan mereka sprotivitas dan keberanian untuk mau mengakui kesalahan yang mereka perbuat. Ajarkan mereka tanggung jawab dan konsekuen dengan perbuatannya.

 

3.    Ajarkan Anak Untuk Mengucapkan Terimakasi

Sebuah ungkapan terimakasi memang seringkali dianggap remeh, namun tahukah anda dari kata sederhana ini terdapat makna yang besar yang begitu mendalam. Sebuah ungkapan terimakasih adalah ungkapan besar atas sesuatu yang kita dapatkan, begitupun ketika kita mendapatkan bantuan dari oranglain. Hal ini penting pula diajarkan pada anak untuk menumbuhkan etika dalam dirinya.

4.    Ajarkan Anak Untuk Menyapa

Dengan mengajarkan anak untuk membiasakan menyapa oranglain bukan hanya menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dalam dirinya, namun juga menumbuhkan sikap ramah tamah agar anak mudah bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya.

5.    Ajarkan Anak Menghormati Privasi Oranglain

Jika anda seringkali memberikan kesempatan untuk anak sewaktu mereka melakukan kesalahan karena menganggap anak-anak masih kecil, maka hal ini keliru. Bukan tidak boleh anak-anak melakukan kesalahan, namun sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban orangtua untuk mengingatkan dan mendidik anak bahwa hal yang mereka lakukan bukanlah hal yang baik dan tidak seharusnya dilakukan.

Sumber: https://bidanku.com/tips-mengasuh-anak-agar-tumbuh-menjadi-pribadi-yang-beretika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com