Kenali Kesehatan Tubuh Anda Lewat Kuku

Tahukah Anda bahwa kuku bisa menjadi petunjuk kesehatan tubuh secara keseluruhan? Benar. Coba lihat kuku dan perhatikan kuku Anda sekarang. Goresan putih, semburat kemerahan, atau benjolan pada kuku dapat menjadi pertanda penyakit di tubuh Anda.

Berikut ini beberapa rahasia yang bisa diungkap dari kondisi kuku Anda

1. Kuku pucat

Kuku yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Jika kuku berwarna pucat, maka Anda berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan seperti anemia, kurang gizi, penyakit liver, atau penyakit jantung.

2. Kuku berwarna kekuningan

Kuku yang berwarna kekuningan dapat mengindikasikan adanya penyakit kuning—atau penyakit liver, yaitu hepatitis. Ada tiga macam hepatitis yang paling sering terjadi, yaitu hepatitis A, B, dan C. Selain hepatitis, kuku berwarna kekuningan juga dapat menandakan adanya infeksi jamur kuku—terutama bila kuku juga menebal dan rapuh.

3. Kuku berwarna kebiruan

Kuku Anda berwarna kebiruan? Jika ya, Anda harus waspada. Sebab, kuku dengan warna ini menandakan Anda mengalami kekurangan oksigen, yang biasanya terjadi akibat penyakit jantung atau paru.

4. Lubang-lubang kecil pada kuku

Jika terdapat lubang-lubang kecil pada kuku, yang tampak seperti tusukan jarum pentul, maka ada kemungkinan tubuh mengalami psoriasis. Psoriasis adalah kelainan kulit, dengan gejala bercak merah yang ditutupi oleh penebalan kulit yang berlapis-lapis.

5. Garis hitam pada kuku

Garis hitam pada kuku disebut juga dengan melanonikia.  Ini merupakan hal normal, terlebih pada orang yang berkulit hitam. Namun demikian, bisa juga garis atau titik hitam pada kuku tersebut merupakan bentuk dari kanker kulit, yaitu melanoma malignum.

6. Kuku retak

Kuku yang retak dapat menjadi tanda penyakit tiroid atau infeksi jamur pada kuku, terutama jika kuku tersebut menebal dan berwarna kekuningan.

7. Bercak putih pada kuku

Meski sering tidak spesifik, bercak putih pada kuku dapat menandakan kekurangan kalsium.

8. Kuku sendok

Anemia berat dapat menyebabkan kuku menjadi cekung dan melengkung seperti sendok, sehingga dikatakan kuku sendok atau spoon nails.

sumber : klikdokter.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Ada yang bisa saya bantu?
Hello
Seamat datang di dfrcollection.com