MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA ANAK

Sahabat DFR

Di sekolah si kecil tentu sudah mendapatkan pelajaran sejarah, terutama sejarah nasional. Akan tetapi ternyata hal ini tidak cukup untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Padahal memiliki sikap nasionalisme dan cinta tanah air dan bangsa dapat dipupuk sejak dini. Di sinilah peran orangtua menjadi sangat penting.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak? Berikut beberapa tipsnya:

  • Memperkenalkan aneka kekayaan budaya Indonesia. Indonesia merupakan bangsa dengan keragaman budaya yang sangat kaya, dari Sabang sampai Merauke. Banyak yang bisa digali dari keanekaragaman budaya tersebut. Mulailah dari budaya daerah asal orangtua, ceritakan dongeng rakyat, hidangkan makanan khas daerah itu, tunjukkan pakaian adatnya, ajak dia mengunjungi upacara adat yang diadakan di salah satu kerabat. Jelaskan maknanya agar dia dapat memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
  • Biasakan diri untuk menggunakan produk dalam negeri. Si kecil dapat dilibatkan untuk menggunakan berbagai barang yang diproduksi di dalam negeri. Misalnya menggunakan batik sekeluarga.
  • Biasakan membicarakan sejarah Indonesia dalam setiap kesempatan. Si kecil pasti sangat tertarik dengan kisah-kisah kepahlawanan. Ceritakan masa kecil seorang tokoh, lalu perannya bagi bangsa ini. Dapat juga dengan mengajaknya berziarah ke makam pahlawan, dan tentu saja berkunjung ke museum.
  • Didik si kecil menghargai perbedaan. Hal ini harus dilakukan sejak dini, karena bangsa Indonesia memang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, warna kulit, dan sebagainya. Perlu ditekankan bahwa setiap manusia adalah ciptaan Tuhan, tidak peduli apa sukunya, agamanya, warna kulitnya dan sebagainya. Ajaklah si kecil bergaul dengan teman-teman dari berbagai latar belakang agar pola pikirnya terbentuk.
  • Menanamkan nasionalisme dengan permainan tradisional juga dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa cinta tanah air. Ajaklah dia bermain congklak, ular naga panjangnya, bekel, gasing dan sebagainya. Permainan tradisional Indonesia umumnya harus dimainkan beregu, hal ini juga dapat melatih si kecil menerima perbedaan.

Demikian beberapa cara menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, tentu saja hal diatas bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan orang tua dalam menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, mulailah dari lingkungan terdekat yaitu keluarga dalam menanamkan rasa cinta atas keanekaragaman di Indonesia.